Saturday, July 21, 2012

Remaja Ini Menjadi Entrepreneur Berkat Rambut Indah

Memiliki rambut indah merupakan karunia besar bagi Leanna Archer. Tak hanya mampu menambah rasa percaya diri, melalui rambutnya yang indah itu jugalah Leanna bisa memeroleh penghasilan lebih dari US$ 100 ribu per tahun (sekitar Rp900,5 juta) serta berkesempatan menjadi pembicara di beragam event yang berkaitan dengan entrepreneurship. Dan yang membuat perempuan ini tampak sangat hebat adalah ia telah menjadi CEO perusahaannya sendiri di kala usianya 9 tahun!

leanna-archerSejak kecil Leanna sering mendapat pujian dari orang lain berkat rambutnya yang hitam berkilau indah. Rahasia rambut indah Leanna itu bukan berkat perawatan eksklusif di salon ternama melainkan dari formula tradisional milik sang nenek. Karena sering ditanya resep kecantikan rambutnya, Leanna memberanikan diri untuk menjual formula homemade neneknya.

Respon penjualan terhadap produk perawatan rambutnya sangat positif. Tak lama kemudian, ia menyambut peluang yang sudah terbuka itu dengan mendirikan perusahaan Leanna’s Inc. dibantu oleh anggota keluarganya, Leanna memasarkan aneka macam produk perawatan rambut mulai dari sampo, conditioner, shea butter dan produk perawatan rambut lain berbahan alami di toko-toko dan online.

Mempunyai bisnis menguntungkan membuka pintu bagi gadis berdarah Haiti ini untuk berbagi kisah sukses terutama kepada anak-anak remaja seusianya. Ia menerima banyak undangan bergengsi dari sejumlah organisasi serta perusahaan ternama untuk menjadi pembicara, seperti ajang Black Enterprise’s Teenpreneur’s Conference, forum What Makes A Young Champion di Singapura, acara NAACP Youth Worshop 2009 dan diundang Apple Inc. untuk menghadiri pertemuan para eksekutif bidang edukasi dalam rangkaian acara Education Leadership Summit 2010 yang terbatas untuk umum itu. Berminat untuk menularkan semangat entrepreneurship kepada orang lain, gadis yang berdomisili di Long Island, New York ini sangat menikmati saat-saat berbagi kisah dan resep suksesnya.

Sukses dan berpenghasilan besar tak membuat Leanna lupa diri atau sombong. Ia tetap gadis remaja yang rendah hati serta murah hati. Hal itu terbukti dengan keputusannya untuk mendirikan Leanna Archer Education Foundation, organisasi sosial untuk membantu anak-anak miskin di Haiti dengan program pendirian sekolah serta pemahaman mengenai kelestarian lingkungan kepada lebih dari 150 anak usia sekolah. Di usianya yang kini menginjak 15 tahun, Leanna tetap bersemangat menebarkan ‘virus’ entrepreneurship dengan berpegang pada prinsipnya “dreams are wild, but they’re wild enough to come true”.

No comments: