Wednesday, April 4, 2012

Daftar 10 Orang Muda Terkaya di Dunia

1. Mark ZuckerbergTerlahir 26 tahun yang lalu, Zuckerberg yang mengaku sebagai seorang atheis kini  menggenggam kekayaan sebesar 24% saham dari Facebook. Majalah “Vanity Fair” menobatkannya sebagai orang pertama dalam daftar  orang paling berpengaruh dalam era informasi tahun 2010. Zuckerberg juga dinyatakan menduduki peringkat ke 23 di daftar 100 “Vanity Fair” tahun 2009. Zuckerberg juga menjadi figur yang paling mengagumkan karena mendapatkan kekayaannya ini tanpa mewarisinya dari orangtua. Kekayaan Zuckerberg dikabarkan sebesar 4 miliar dollar AS dalam bentuk kepemilikan Facebook.

2. Albert von Thurn und Taxis

Peringkat kedua diduduki oleh seorang pangeran Jerman yang bernama Albert Prinz von Thurn und Taxis yang berusia 27 tahun. Lain dari Zuckerberg, miliarder muda ini mendapatkan kekayaannya karena warisan dari sang ayah yang meninggal dunia di tahun 1990. Kekayaan ditaksir mencapai 2,1 miliar dollar AS.

3. Yang Huiyan

Sebagai pewaris tahta kerajaan bisnis ayahnya Yang Guoqiang, Huiyan sekarang memiliki kekayaan berupa kepemilikan saham sebanyak 58% Country Garden             Holdings Ltd. Huiyan diperkirakan memiliki kekayaan senilai 3,4 miliar dollar AS. Untuk menjalankan perusahaan dengan baik, Yang Huiyan telah menjalani pendidikan di Universitas Negeri Ohio, Amerika. Di Cina daratan, Yang Huiyan tercatat sebagai perempuan terkaya.

4. Li Zhaohui

Usianya baru 27 tahun tetapi Li Zhaohui telah memegang kendali di sebuah perusahaan besar bernama Shanxi Haixin Steel yang bergerak di bidang energi dan investasi. Kekayaan Li berjumlah 860 juta dollar AS. Li Zhaohui harus memimpin perusahaan setelah ayahnya tertembak dan meninggal di tahun 2003 lalu.

5. Fahd Hariri

Sebagai seorang putra bungsu dari Rafik Hariri pemimpin Lebanon, Fahd Hariri yang baru berusia 25 tahun ini mewarisi kekayaan sebesar 2,7 miliar dollar AS. Fahd berdomisili di Paris bersama ibunya dan mengelola sebuah studio desain.

6. Ayman Hariri

Di usia 27 tahun, Ayman Hariri yang juga kakak Fahd Hariri ini, memiliki kekayaan kurang lebih 2,7 miliar dollar AS. Ayman mengantongi gelar Bachelor of Arts and Science di Georgetown University dan kemudian menjalankan bisnis di bidang teknologi.

7. Yoshikazu Tanaka

Yoshikazu Tanaka adalah seorang pemilik layanan jejaring sosial khas Jepang bernama Gree. Kekayaan Tanaka menurut Forbes.com mencapai 1,4 miliar dollar AS. Dan hebatnya jumlah itu tidak didapatnya dari warisan. Lulusan Nihon University ini berusia 33 tahun.

8. John Douglas Arnold

Usianya menginjak tahun ke 35 dan Arnold sudah mengantongi kekayaan sebesar 2,7 miliar dollar AS. Di Amerika ia tercatat sebagai miliarder termuda. Arnold ialah seorang pengusaha yang menjalankan Wunderkind’s Centaurus Energy .Ia lulus dalam tiga tahun dari Vanderbilt University. Di tahun 1995, Arnold menjadi pedagang minyak dan konon berhasil meraup untung sebesar 750 juta dollar AS. Ia mendirikan Centaurus di tahun 2001 setelah Enron mengalami kebangkrutan. Dikabarkan pula bahwa keuntungan telah membaik hingga 200% sejak 2002.

9. Kostyantin Zhevago

Kekayaan bersih Konstantin menurut Forbes.com hingga Maret 2008 telah mencapai 3,4 miliar dollar AS. Zhevago merupaka entrepreneur muda sekaligus politisi terkenal di Ukraina. Ia juga orang Eropa Timur pertama yang memperkenalkan perusahaanya ke publik d Bursa Saham London. Di Ukraina ia memiliki sebuah bank yang bernama         Finance and Credit, yang cabangnya diketahui mencapai ratusan. Bidang bisnis yang digelutinya juga lebih dari satu, misalnya real estate, kimia, teknik, pembuatan kapal, makanan, farmakologi, metalurgi dan sebagainya.

10. Shahid Balwa

Keluarganya berpindah dari Mumbai ke Gujarat untuk memulai bisnis restoran. Balwa keluar dari bangku kuliah tanpa mengantongi gelar. Namun Balwa malah sukses dan berhasil membangun bisnis dan memiliki kekayaan hingga mencapai 1,02 miliar dollar AS. Ia bermitra dengan Vinod Goenka dalam DB Realty dan juga DB Etisalat. Prestasi yang sangat membanggakan mengingat ia mengumpulkannya sendiri. Balwa yang kini berusia 36 tahun tinggal di Mumbai, India beserta istri dan dua anaknya.

No comments: