Saturday, June 2, 2012

Abhimantra, Reseller Berusia 13 Tahun

Masih ingat dengan Abhimantra? Ia adalah peserta tercilik dalam ajang “Speed Networking” yang digelar Indonesian Technopreneur Community dan International Design School pada 22 Juni lalu. Meski masih sangat belia, kala itu Abhimantra tak terlihat canggung sama sekali berada di tengah-tengah entrepreneur yang didominasi oleh orang dewasa. Kepercayaan diri yang ditunjukkan bocah berusia 13 tahun itu lahir berkat jiwa entrepreneur yang begitu kuat.

AbhimantraPemilik nama lengkap Abhimantra Ilham Suryomurtjito ini menyalurkan jiwa entrepreneur-nya sebagai seorang reseller toko online yang menawarkan aneka jenis produk, mulai dari jasa sampai furnitur. Debut pertama berbisnis bermula pada tanggal 7 Juni 2010 saat dirinya hendak menjual handphone bekasnya di sebuah toko online TokoBagus.com.

Feedback positif yang lantas diterimanya membangkitkan passion untuk terjun dalam dunia bisnis. Tak lama sesudah itu, tepatnya pada 23 September 2010, remaja kelahiran Jakarta, 13 April 1998 ini mulai serius menekuni usahanya dengan membuat user yang berbeda-beda di beberapa toko online. Memakai waktu luangnya, Abhimantra mencoba menciptakan peluang dengan menawarkan beragam produk yang sekiranya diminati konsumen.

Seperti penjelasannya kepada CiputraEntrepreneurship.com (CE) melalui surat elektronik, customer entrepreneur remaja yang duduk di kelas 8 ini mayoritas adalah para pecinta sepeda fixie. Karena itu, tak heran bila produk yang paling laris dijualnya yaitu sepeda yang terkenal dengan warna-warna yang cukup mencolok tersebut. Diceritakannya lebih lanjut, anak bungsu dari tiga bersaudara ini memeroleh profit sebesar 5 sampai 20 persen dari harga jual produk. Penghasilannya itu lalu disimpannya dan hanya digunakan bila dibutuhkan.

Dalam hal pemasaran, Abhimantra menggunakan media internet. Ia memasarkan produk yang dijualnya kepada teman dan para calon pelanggan dengan cara men-share-nya ke berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter serta Blog. Sementara untuk menarik pelanggan baru, bocah yang mengidolakan Ir. Ciputra serta Basrizal Koto (pengusaha asal Sumatra Barat) itu memanfaatkan mesin pencari yang beredar di jagat maya seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Usahanya sudah hampir memasuki usia setahun. Selama perjalanannya itu, ia mengaku tak pernah menerima komplain dari para pelanggannya. Ketika ditanya bila kelak menemui komplain langkah apa yang akan dilakukannya, pelajar SMPN 13 Jakarta ini menjawab, “Berusaha untuk menemukan pokok masalah dan menyelesaikannya. Misalkan pelanggan komplain tentang warna, segera saja diiluruskan agar tak terjadi kesalahpahaman.”

Mengenai rencana ke depannya, bocah yang bermimpi menjadi entrepreneur sukses namun tetap bersikap sederhana ini berniat menambah jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya serta memiliki website sendiri dan jika usahanya sudah berkembang pesat, ia juga ingin membuka lapangan pekerjaan dengan menerima sejumlah karyawan.

Meski bisnis yang dijalani Abhimantra masih seumur jagung dan berkonsep sederhana tapi kemauannya untuk menjadi entrepreneur patut diacungi jempol. Melalui passion-nya yang besar, entrepreneur cilik itu sangat mampu meraih sukses seiring perjalanan usahanya. Membagi sejumlah motonya dalam berbisnis kepada CE, Abhimantra  membeberkan beberapa kiat dalam mengelola bisnis yakni memulai dengan penuh keyakinan, jeli melihat peluang dan mencari barang yang unik dengan harga terjangkau. (*/ely)

No comments: