Friday, February 3, 2012

Farrah Gray, Jadi Miliarder dari Usia 14 Tahun

Muda dan tidak manja. Itulah yang melekat pada sosok Farrah Gray. Dia telah menjadi miliarder sejak usia 14 tahun. Kini di usianya ke-25, dia makin mengibarkan sayap di dunia bisnis.Melihat sosok Gray seperti layaknya anak muda kulit hitam Amerika lainnya. Namun, dari segi pemikiran, dia merupakan figur yang berbeda. Pada 2008, dia meraih penghargaan AOL Black Voices sebagai tanda Black History 2008.

Dia juga dinominasikan sebagai salah satu orang kulit hitam paling berpengaruh di Amerika oleh The National Urban League’s Urban Influence Magazine. Ebony Magazine bahkan menyebut Gray sebagai ikon entrepreneur, pengusaha sukses,dan penulis laris. Gray yang lahir pada 9 September 1984 itu sempat hidup dalam keprihatinan karena keluarganya bercerai.

Sang ibu memilih untuk membesarkan Gray bersama empat kakaknya. Berniat membalas dendam masa lalunya yang suram,dia pun ingin menjadi orang kaya. Inspirasi Gray menjadi orang kaya didapat dari sang ibu.Ketika harus membanting tulang demi anak-anaknya,sang ibu tak pernah mengeluh.Ibunya selalu mendidik Gray untuk tidak mengeluh dan menyalahkan takdir.

”Hidup itu sebuah pilihan, tinggal bagaimana kita menentukan mau jadi apa kita dalam hidup ini.” ”Orang baik yang berguna bagi banyak orang atau menjadi orang jahat yang merugikan orang lain,” katanya pada CNN. Pada usia enam tahun, dia menghasilkan 9 dolar pertamanya dari menjual lotion.

Di usia delapan tahun, dia mendirikan sebuah klub bisnis. Di usia 14 tahun, Gray menghasilkan 1 juta dolar pertamanya. Di usia 16 tahun, dia telah menjadi reallionaire, seorang pengusaha paripurna yang kaya luar dalam. Singkat cerita, dia pun memiliki sebuah perusahaan sirup, perusahaan media yang menerbitkan beberapa surat kabar dan majalah, dan perusahaan pembuat acara-acara top televisi Amerika.

Dia mampu memutarbalikkan fakta bahwa orang kulit hitam hanya menjadi pemain basket dan penyanyi rap. Dia membuktikan bahwa keturunan Afro-Amerika juga bisa menjadi pengusaha sukses. Pada usia delapan tahun, Gray berkenalan dengan rekan ibunya yang bernama Roy Tauer. Gray pun kemudian meminta Roy menjadi mentor bagi bisnisnya. Saat itu dia sudah punya kartu nama dari kertas karton yang dia potong persegi dan di atasnya ditulis ”Farrah, CEO Abad 21."

Dia selalu memberikan kartu nama ketika berkenalan dengan rekan bisnisnya. Dengan bimbingan Roy, Farrah Gray kemudian membentuk organisasi bisnis bernama Urban Neighborhood Economic Enterprise Club (UNEEC). UNEEC adalah klub bisnis yang beranggotakan anak-anak kecil di sekitar tempat tinggalnya yang diajak oleh Gray dan yang berobsesi untuk menjadi orang kaya kelak.

”Untuk menjadi pengusaha kita harus berpikir positif. Kita tidak hanya melakukan semuanya semata-mata untuk memperoleh uang,” kata Gray pada ABC News. Saat ini dia memiliki perusahaan makanan Farr-Out Foods yang memproduksi sirup dan badan keuangan NE2W Venture Capital Fund. Dia juga memproduksi tayangan-tayangan di televisi mulai talkshow hingga pertunjukan komedi di bawah bendera INNERCITY Broadcasting.

Dia bahkan menjadi salah satu pembicara favorit anak-anak muda. Bagi Gray, bisnis selalu datang dari inspirasi yang bisa digali dari pengalaman. Seperti ketika mengikutikakaknya ke Inggris,diatertarik sejumlah telepon umum yang menggunakan kartu untuk mengoperasikannya.

No comments: