Friday, September 14, 2012

Jadi Sukses Gara-Gara Hobi Masak



Banyak chef yang menjadi bintang karena kemahiran memasaknya yang luar biasa. Namun menyebut Jamie Oliver akan terasa beda. Lelaki kelahiran Essex, Inggris, 27 Mei 1975 ini, tak hanya memiliki keahlian itu sebagai kelebihannya. Dialah yang melahirkan budaya pop memasak di Inggris dengan gayanya yang urakan khas anak muda, tetapi cerdas, simpel, mudah diikuti, hingga banyak orang terpikat kepadanya.
Gaya dan caranya itu telah membuatnya menjadi chef selebriti yang kesohor. Tapi ia menjalaninya dengan apa adanya sehingga statusnya sebagai chef dan selebriti tidak seangkuh yang diperkirakan. Ia bintang yang mudah dijangkau dan kini menjadi contoh entrepreneur yang datang dari dunia hiburan.
James Trevor "Jamie" Oliver lahir dari orangtua yang memiliki pub bernama "The Cricketers". Sejak masih anak-anak ia sudah suka memasak. Karena itu ia mahir memasak ketika usianya masih belasan. Mungkin karena hobinya ini sekolahnya tak berhasil. Ia keluar dari SMA sebelum mendapat ijazah. Namun semangat belajarnya tinggi, terutama di bidang masak-memasak. Karena itu ia kemudian mengambil pendidikan kuliner di Westminster Kingsway College.
Setelah lulus ia memilih bekerja di restoran Antonio Carluccio's Neal's Yard, restoran Italia kenamaan di London.Namun tak lama ia pindah ke The River Cafe, di Fulham. Entah apa alasannya. Namun di sinilah ia menemukan bakat lainnya. Suatu kali BBC membuat liputan mengenai Christmas at the River Cafe untuk menyambut hari Natal. Tak hanya meliput pengunjung dan tata ruangnya yang apik di kafe tersebut, reporter juga melongok dapur. Saat itu Jamie sedang bertugas. Maka kamera pun menyorot bagaimana seorang anak muda dengan gaya rambut acak-acakan yang tampak modis membuat hidangan masakan Italia dengan cekatan.

Satu hari setelah tayangan itu, pada tahun 1997, Jamie kebanjiran telepon dari production house yang membuat program acara TV. "Saya mendapatkan lima telepon dari PH yang meminta bertemu untuk membicarakan kemungkinan membuat program TV. Saya tak percaya," katanya. Dari lima yang melamar, ia menerima tawaran Optomen Television karena satu program yang akan diluncurkannya, The Naked Chef. "Ide pembuatan The Naked Chef sangat menarik. Yaitu kita tak perlu mencari bahan-bahan mewah atau perala
Optomen memutuskan menambah episodenya yang mulai tayang pada tahun berikutnya (2000) selama delapan episode.Saat itu Jamie sudah menjadi bintang. Meski ia tak sreg dengan judulnya, ia bisa menjalani profesi barunya sebagai chef selebriti dengan sukses.Selama tahun 2000 ia bahkan meraih empat award antara lain Most Stylish Male TV Personality pada ajang Elle Style Awards dan Best TV Cook dari TV Quick Award dari program acara yang diasuhnya. Karena alasan ini, jaringan supermarket Sainsbury Inggris sampai mengontraknya untuk menjadi duta perusahaan itu dengan kontrak mencapai 2 juta pound sterling setahun.
Sejak saat itu kariernya menjulang sebagai selebriti yang dibesarkan di dapur. Ia tak hanya terkenal di Inggris tetapi juga di dunia karena program acara TV-nya ditayangkan di saluran TV internasional. Selain itu muncul juga program-program sejenis yang ditularkan oleh sukses Jamie mengemas acara itu.
Tahun 2002 ia mendirikan restoran yang hanya ia gunakan sebagai tempat belajar memasak bagi remaja yang tidak beruntung, seperti yang tidak sempat meneruskan sekolah dan tak punya pekerjaan. Menurutnya, ini sebagai bentuk terima kasihnya atas sukses yang ia raih. Namun, itu tak digarap sendiri. Ia bekerja sama dengan Channel 4 yang merekam tahapan pembelajaran yang ia berikan.Dokumentasi itu kemudian ditayangkan dalam program bertajuk Jamie's Kitchen. Program ini menunjukkan nalurinya sebagai pengusaha restoran.
Sekarang menyebut nama 'Jamie Oliver', orang tak hanya akan membayangkan cara memasaknya yang unik, simpel, merakyat, cerdas, mudah dipahami, kadang urakan, dan sebagainya, tetapi mengingat semangat dan kecintaannya pada dunia masak-memasak yang luar biasa. Dengan cintanya itu, ia terangkat dari orang biasa-biasa saja menjadi bintang yang dipuja dunia. Kini Jamie tak hanya seorang chef, tetapi selebriti dan pengusaha tata boga (restoran dan katering) dan industri pendukungnya yang sukses.
tan yang lengkap untuk membuat makanan lezat. Dengan bahan seadanya makanan lezat bisa dibuat," ujarnya. Seperti itulah konsep program acara itu dibuat. "Tapi saya khawatir dengan judulnya, karena bisa-bisa dianggap saya memasak sambil telanjang," tuturnya lagi.
The Naked Chef ditayangkan BBC mulai 14 April 1999. Acara itu menawarkan bagaimana Jamie memasak makanan rumah yang lezat untuk dihidangkan bersama keluarga atau teman.Meski durasi program hanya 30 menit dan berlangsung sepanjang 6 episode (diputar dua minggu sekali hingga 16 Juni 1999), gaya dan keterampilan Jamie memasak telah memikat banyak pemirsa.Jamie pun jadi buah bibir.

No comments: