Tuesday, September 18, 2012

Kue Rumahan Ira menjadi Bisnis yang Sukses

Bisnis tak jarang bermula dari aktivitas rutin di rumah sehari-hari. Seperti yang dialami Ira Dwijanti. Kegemaran dan hobbinya membuat kue sendiri ternyata memberinya ide dan keberanian untuk memulai usaha sendiri. Tentu cukup mengagetkan jika kita tahu bahwa Ira sebelumnya adalah seorang sekretaris di sebuah perusahaan holding company yang cukup besar. Keinginan untuk bisa meluangkan waktu lebih banyak bersama ketiga putra-putrinya memantapkan Ira melepaskan jabatannya sebagai sekretaris dan memulai usaha sendiri. Ira memilih bisnis kue rumahan sebagai usaha yang digelutinya. Ira mengaku tak banyak berfikir panjang ketika memulai usaha, baginya yang penting ia bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.

Ira mengaku memulai usahanya dengan modal RP 5 juta yang sebagian besarnya adalah untuk membeli peralatan dan sisanya untuk membeli bahan pembuatan kue.

Awalnya usaha kue rumahan Ira hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, mulai dari teman sekantornya dahulu, saudara, serta tetangganya. Tak disangka usaha kue rumahan Ira berkembang pesat hingga dalam waktu 2-3 bulan Ira sudah kembali modal. Sejak itulah Ira memutuskan untuk lebih serius menekuni bisnis kue rumahan miliknya, maka Ira-pun memutuskan menyewa sebuah kios di kawasan Mampang, Jakarta Selatan dan memberi nama produk bisnis kue rumahan-nya dengan nama “Ach O Met”.

Ira menuturkan, setiap bulan dari kios kecilnya ia mampu meraup omzet tak kurang dari Rp 10juta dengan tingkat keuntungan 30-40%. Kini Ira terus belajar untuk lebih mengembangkan bisnis kue rumahannya, ia melihat potensi bisnis kue rumahan ternyata luar biasa besar. (*/Tempo.co)

No comments: