Tuesday, March 20, 2012

Christian Owens, Remaja Pendiri Jejaring Iklan

Christian-Owens-100x150
Apa yang Anda telah capai saat berusia 15 tahun sebagai seorang individu? Meraih nilai bagus di kelas? Atau bersenang-senang dan menikmati masa remaja bersama teman dekat Anda? Tengoklah prestasi seorang remaja kelahiran Inggris ini dan Anda akan dibuat malu dengan jawaban Anda.
Seorang remaja berusia 15 tahun bernama Christian Owens - pendiri jejaring iklan online Branchr - dinobatkan oleh The Daily Mail secara resmi menjadi Enterprising Young Brit untuk tahun 2010. Penghargaan tersebut secara rutin diberikan setiap tahun kepada para remaja kaya yang berhasil merintis usaha di Inggris Raya.

Sang penentang mitos yang berpikiran sederhana
Jika Anda mengira anak muda ini adalah seorang anak yang tumbuh dari kedua orang tua yang juga seorang entrepreneur, Anda salah besar. Orang selalu berpikir jika lingkungan dan faktor genetis berperan dalam pembentukan seorang entrepreneur. Untuk kasus Owens, anggapan itu terbantahkan. Ayah dan ibu biologis Owens masing-masing bekerja di pabrik dan lingkungan kantor.

Owens mendirikan Branchr pada Januari 2009 dan sejak saat itu Branchr telah berkembang pesat dan bahkan telah berhasil membujuk salah satu raksasa jejaring sosial -MySpace- untuk menjadi advertiser. Branchr memberikan alternatif kepada usaha kecil dan menengah yang ingin beriklan tetapi karena beberapa faktor tidak mampu untuk beriklan dengan bantuan perusahaan besar seperti Google. Layaknya Google AdSense, Branchr juga menggunakan platform iklan PPC (pay-per-click). Sederhananya, Anda akan dibayar jika seorang pengunjung meng-klik iklan yang ada.

Pendirian Branchr, papar Owens, dilatarbelakangi oleh rumitnya jejaring iklan masa kini seperti Google dan MSN. Remaja berkacamata ini memikirkan tentang sesuatu yang dapat memecah kerumitan yang dianggapnya tidak perlu tersebut. Kemudian terdoronglah ia untuk membuat sebuah platform yang lebih sederhana dan tidak membingungkan seperti yang sudah ada.

Kisah sukses Owens dapat kita ambil pelajaran penting. Terdapat tiga poin penting yang ingin Owens sampaikan pada sesama pemula terutama remaja yang hendak membangun usaha mereka sendiri.


1. Berapa pun umur Anda, jika Anda memiliki ide usaha dan merasa sangat bergairah untuk memulai, lakukanlah.

2. Tidak ada yang gratis. Anda harus bekerja keras untuk setiap hal yang Anda inginkan.

3. Jika Anda ingin melakukan suatu pekerjaan, kerjakanlah dengan sebaik-baiknya.

No comments: