Sunday, August 12, 2012

Kisah Sukses Entrepreneur Cilik dari LA



Makin banyak entrepreneur muda yang bermunculan akhir-akhir ini. Dan satu lagi yang muncul menjadi buah bibir ialah seorang bocah berusia 9 tahun bernama Caine Monroy. Caine tinggal di Lost Angeles Utara yang dianggap bocah luar biasa karena keuletannya mendirikan toko kertas karton buatan rumah.

Meski terdengar sederhana, apa yang dilakukan oleh Caine dengan mendirikan Caine’s Arcade dalam toko suku cadang ayahnya ini membuatnya terkenal, dan membuatnya mendapatkan dana beasiswa dan ketenaran di dunia maya.

Caine membangun toko dari kertas karton dalam toko sang ayah sebagai cara untuk melewatkan waktu liburan saat musim panas. Hasilnya sangat detil dan terencana dengan baik. Saat pelanggan Nirvan Mullick kebetulan mengunjunginya satu hari dan ia terinspirasi untuk membantu Caine mendapatkan apresiasi yang pantas ia dapatkan. Untuk itu, Nirvan menggunakan facebook dan Internet sebagai alat untuk menggerakkan sekelompok orang untuk mengunjungi bisnis si entrepreneur cilik itu.


Tak hanya itu, tetapi uang sebanyak 60 ribu dollar berhasil dikumpulkan untuk dana beasiswa Caine dalam waktu sehari saja sejak dipublikasikannya video dari Nirvan. Seminggu kemudian, yayasan Goldhirsh menawarkan pendanaan awal sebesar 250 ribu dollar AS untuk membantu Arcade Foundation milik Caine dengan tujuan membantu anak-anak yang memiliki ide inovatif.
Bisnis milik Caine mungkin bukan sukses yang berskala fenomenal tetapi bisa menjadi bukti awal kekuatan passion, kreativitas dan kegigihan di usia belia.

No comments: